Dongeng kura-kura yang cerdik


Seorang penjaga kebun yang sudah lanjut usia hidup sederhana dan gembira di tengah-tengah kebun bunga yang indah. Ia menanam bunga-bunga yang harum mewangi. Suatu hari ia tidak menemukan bunga-bunga di kebun itu. "siapa yang sudah memetik bungaku?" kata si penjaga kebun.
Menjelang sore penjaga kebun menutup gerbang pintu. Keesokan harinya meskipun telah menutup gerbangnya kemarin, ia tetap saja kehilangan bunga-bunganya di kebun itu. Penjaga kebun berkata di dalam hati " aku tidak akan tidur malam ini hingga aku bisa menangkap siapa pelakunya".
Malam pun datang menyelimuti dengan gelapnya. Tidak ada bintang-bintang yang tampak berkilauan di langit. Seekor kura-kura besar mendekati setangkai bunga yang hampir merekah dan memakannya. "sekarang aku telah menangkapmu pencuri bunga, aku akan memberikanmu hukuman" kata si penjaga kebun yang marah-marah.
"lakukanlah sesukamu tapi jangan sekali-kali kamu tenggelamkan aku kedalam air" jawab si kura-kura yang cerdik.
"kamu telah memakan semua bungaku tentu saja itu sangat membuatku marah besar, aku tidak akan mengampunimu" sahut si penjaga kebun yang kesal. Kemudian ia melemparkan kura-kura itu kedalam air. Kura-kura segera berenang dan berkata "Alhamdulillah, terima kasih kamu telah mengembalikanku ke rumahku di dalam air". Itu lah kecerdikan si kura-kura yang sudah mengelabui si penjaga kebun.

TAMAT

Comments

Popular posts from this blog

Dongeng singa yang serakah

Dongeng seekor katak dan burung pelikan

Dongeng seorang petani kelapa